Kamis, 27 Juni 2013

Ayo Atasi Insomnia

Insomnia adalah salah satu gangguan kesehatan yang berupa gejala susah tidur seringkali dialami oleh manusia modern belakangan ini. Insomnia sendiri merupakan sebuah gejala dimana seseorang mengalami kesulitan ketika hendak tidur pada jam-jam normal. Penderita insomnia juga mengalami kesulitan untuk menjaga agar dapat tidur nyenyak. 

Resah adalah salah satu penyebab insomnia

Banyak sekali pnyebab terjadinya insomnia, diantaranya :

  • Kurang Olahraga

Kurang olahraga menyebabkan tubuh kita kurang sehat, sehingga kerja otak dan fisik tidak seimbang. hal ini membuat pikiran kita serasa penuh dan jenuh namun kita tak bisa istirahatkan tubuh kita yang notabene tidak terlalu bergerak.
  • Perut kembung
Organ pencernaan juga istirahat ketika kita tidur, sehingga usahakan untuk terlalu banyak makan ketika menjelang tidur.
  • Stress

Stress adalah gangguan yang disebabkan oleh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mengalami stress biasanya akan  gelisah dan depresi, sehingga pada saat mau tidur ia terus memikirkan apa yang harus dilakukan besok.

  • Kafein

Kafein adalah zat yang bisa membuat seseorang akan selalu terjaga. Kafein umumnya biasa diperoleh dari minum kopi dan beberapa minuman energi atau makanan lain. 

  • Tubuh terlalu banyak energi

Ketika siang hari energi tidak banyak digunakan, maka efeknya adalah ketika malam hari energi akan tersisa banyak, sehingga sulit untuk tidur. Hindari konsumsi gula atau minuman berenergi pada saat menjelang tidur.

Ada beberapa solusi untuk mengatasi insomnia. Namun terkadang seseorang tak mau bersusah payah, kebanyakan menginginkan suatu hal yang instan. Misalnya, dengan obat-obatan atau dengan cara lain yang tidak bersifat alami, hal tersebut dapat mengancam kesehatan masing-masing pengguna. Ada metode mengatasi insomnia, metode itu adalah :
1. Metode Bootzin
Prinsip dari metode ini adalah pergi tidur ketika sudah merasa mengantuk. Jika setelah beberapa saat dikamar tidur namun tidak bisa tidur, keluarlah dari kamar dan lakukan beberapa gerakan aerobik atau kegiatan apapun hingga merasa ngantuk. Utamanya dari metode ini adalah kurangi bahkan hindari tidur siang.
2. Metode Relaksasi
Metode relaksasi ini lebih bermanfaat dan sangat penting untuk mengatasi insomnia. Menurut sebagian survey dan penelitian bidang kedokteran, sebagian besar penderita insomnia memerlukan relaksasi agar dapat rileks.
Metode relaksasi adalah sebagai berikut :
-Membiasakan untuk mengatur waktu yang cocok untuk memulai tidur
-Tidur dengan posisi yang paling cocok
-Menyetel musik klasik sebagai pengantar tidur
Jogging-Aerobik

Cara lain untuk mengatasi insomnia adalah dengan memperbanyak porsi olahraga. Olahraga ringan dan rutin lebih bermanfaat daripada merubah kebiasaan dalam satu hari saja. Olahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah berbagai macam gangguan kesehatan termasuk gangguan tidur. Olahraga seperti aerobik adalah olahraga yang dikatakan mampu meningkatkan kualitas tidur. Bagi penderita insomnia disarankan untuk berolahraga rutin setiap pagi dan olahraga ringan menjelang tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar