Jumat, 28 Juni 2013

Maksimalkan Manfaat Jogging

Jogging merupakan bentuk berlari atau berjalan pada kecepatan lambat atau santai. Tujuan utama adalah untuk meningkatkan kebugaran, atau untuk mempertahankan kecepatan stabil untuk waktu yang cukup lama. Dilakukan jarak jauh, Jogging merupakan bentuk aerobik latihan ketahanan (Wikipedia). Jogging merupakan aktivitas olahraga yang dapat dilakukan oleh siapapun, nyaris tak ada biaya untuk aktivitas jogging. Namun, masih banyak orang yang tidak dapat memanfaatkan aktivitas ini secara maksimal, karena kurang memahaminya.
Jogging


Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam olahraga jogging, diantaranya :

Waktu
Waktu yang paling tepat untuk mengembalikan kebugaran adalah disaat pagi hari. Karena dipagi hari udara masih sangat bersih dan segar, sehingga udara yang dihirup pun tidak mengandung polusi. Waktu pagi adalah waktu yang dianjurkan untuk olahraga jogging. Selain mendapatkan udara segar, latihan kebugaran dipagi hari akan mendapatkan manfaat lain seperti vitamin D di matahari pagi. 
Jarak tempuh dalam jogging untuk kebugaaran perlu diperhatikan. Disarankan untuk tidak terlalu pendek dan terlalu panjang. Rata-rata selama 30 menit adalah waktu efektif untuk melatih kebugaran. Serta usahakan dengan konsisten terhadap jarak tempuh jogging.

Perlengkapan
Pakaian jogging yang dianjurkan adalah pakaian yang tidak menyulitkan gerak tubuh. Dibidang kedokteran, jogging dianjurkan untuk tidak memakai perlengkapan yang menambah beban tubuh. Sepatu jogging juga sangat membantu jogging agar lebih berkualitas. Perlengkapan lain yang perlu dibawa saat jogging adalah penghitung waktu, agar dapat mengontrol waktu jogging.

Stretching
Stretching atau lebih dikenal dengan peregangan otot menjadi tahapan penting dalam olahraga jogging karena dapat mengurangi resiko cidera. Peregangan yang baik dibagi menjadi dua, yakni Warming Up (pemanasan) dan Cooling Down (pendinginan).
  • Warming up dilakukan sebelum pelaksanaan jogging, kurang lebih sekitar 15 menit. Lakukan Warming up secara maksimal dan sungguh-sungguh untuk menghindari cidera dan supaya tubuh siap melakukan jogging.
  • Cooling down dilakukan setelah aktivitas jogging. Cooling down dilakukan untuk menggantikan kekurangan udara dan energi yang hilang, sehingga dianjurkan untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya.
Maksimal dalam stretching

Melatih pernafasan yang baik
Melatih pernafasan sangat bermanfaat bagi aliran udara dalam tubuh, sehingga mampu menambah optimal kegiatan jogging. Dengan pernafasan yang baik, jogging akan lebih maksimal.
Dengan memperhatikan poin-poin diatas, maka dapat memaksimalkan manfaat jogging secara lebih optimal dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar