Jumat, 21 Juni 2013

Ayo menilik uniknya Aerobik !

Pengertian Aerobik

Aerobik bisa memiliki beberapa arti. Secara biologis aerobik berarti proses dimana terdapat oksigen terlarut atau terdapat penggunaan oksigen. Namun, secara umum aerobik berarti segala macam bentuk aktivitas tubuh suatu makhluk hidup yang memerlukan oksigen untuk kelangsungannya. Pengertian Aerobik ini tidak terbatas pada olahraga saja, namun hal sederhana yang menggunakan oksigen seperti tidur dan duduk pun termasuk sifat aerobik.

Senam Aerobik

Dalam dunia olahraga aerobik memiliki pengertian sendiri. Semua olahraga tentunya menggunakan oksigen, namun di dunia olahraga aerobik ini diartikan suatu aktivitas olahraga tertentu yang menggunakan oksigen dan memiiki tujuan meningkatkan kebugaran seseorang. Dapat diartikan pula bahwa olahraga aerobik adalah setiap jenis kegiatan fisik yang dilakukan pada tingkat intensitas sedang untuk jangka waktu tertentu. Aerobik juga bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung, oleh sebab itu olahraga aerobik sering pula disebut dengan olahraga kardio (jantung).

Tenis Meja Tunggal
Dari pengertian tersebut kita dapat ambil contoh kegiatan aerobik adalah berjalan dengan jarak yang jauh, namun jika berlari itu bukan termasuk kegiatan aerobik karena berlari memiliki intensitas berat. Contoh yang lain adalah tenis tunggal karena berjangka waktu tertentu dan intensitasya sedang. Berbeda dengan olahraga futsal, selain termasuk intensitas berat, futsal juga sering istirahat.

Macam-macam Latihan Senam Aerobik

Senam aerobik pun juga memiliki beberapa klasifikasi. Berdasarkan cara melakukan dan musik yang  mengiringnya, senam aerobik dapat dibedakan menjadi :
  1. High impact aerobic, senam aerobik dengan gerakan keras dan cepat
  2. Low impact aerobic, senam aerobik dengan gerakan yang ringan
  3. Discrobic, gabungan antara gerakan keras dan ringan dengan iringan musik jenis disco
  4. Rockrobic, gabungan antara gerakan keras dan ringan serta ditambah dengan gerakan - gerakan rock and roll
  5. Aerobic sport, gabungan antara gerakan keras dan ringan serta gerakan - gerakan kelentukan.
Manfaat Aerobik

Walaupun terlihat sederhana, aerobik memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu :
  • Meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru serta sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah
  • Membantu membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh
  • Menambah kebugaran tubuh serta dapat mengurangi insomnia
  • Meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kepenatan (stress)
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan, koordinasi, kecepata, kelincahan, dan kelenturan
  • Latihan rutin dapat membentuk dan mengencangkan otot-otot terkait
Uniknya Aerobik

Dari pengertian bahwa olahraga aerobik adalah semua jenis kegiatan yang menggunakan oksigen dengan intensitas sedang dan waktu tertentu. Dapat disimpulkan bahwa olahraga ini adalah olahraga yang ekonomis. Tanpa mengeluarkan banyak modal, hanya bermodalkan latihan rutin saja kita dapat mendapatkan manfaat sebanyak itu. Siapapun dapat melakukan olahraga ini, tak terikat oleh waktu sehingga kapanpun dan dimanapun tidak ada aturan tentang olahraga ini. Kita sebagai pecinta olahraga bahkan pecinta aerobik seharusnya dapat memanfaatkannya dengan lebih maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar