Minggu, 30 Juni 2013

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Hidup Sehat

Daya tahan tubuh kita sangat penting untuk menjaga kita agar tetap bugar. Daya tahan tubuh berhubungan dengan sistem imun pada diri masing-masing, apabila daya tahan tubuh bagus maka tidak mudah terkena penyakit, karena sistem perlindungan pada tubuh cukup kuat. Daya tahan tubuuh menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Untuk mendapatka daya tahan tubuh maksimal agar dapat menikmati hidup, maka pahamilah tips-tips berikut :
1. Istirahat Teratur
Istirahat dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena ketika tertidur (istirahat) tubuh melakukan regenerasi sel-sel yang rusak, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat. Jika kurang tidur, maka kekebalan tubuh alami akan berkurang. Tidur cukup dan teratur sangat optimal, karena selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tidur berguna untuk kecantikan.
Tidur

2. Merubah Pola makan
Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara lebih maksimal. Untuk itu perlunya perhatian khusus akan asupan gizi makanan yang masuk ketubuh setiap harinya. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh :
Makanan Sehat

- Ikan
Ikan mengandung asam lemak esensial omega - 3, kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.
- Kebutuhan vitamin C
Perhatikan kebutuhan vitamin C yakni 400 mg perhari, karena vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Makanan atau minuman yang mengandung vitamin C diantaranya jeruk dan strawberry.
- Kebutuhan Vitamin D
Vitamin D sangat dibutuhkan untuk memproduksi protein antimikroba yang diperlukan sel-sel imun dalam menghadapi infeksi. Kurangnya vitamin D di dalam darah berhubungan dengan meningkatnya infeksi pada alat pernapasan. Makanan yang mengandung Vitamin D diantaranya telur, susu, ikan salmon.
 - Konsumsi Buah-buahan
Buah-buahan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh seperti apel, anggur dan beberapa buah yang berwarna merah. 
- Konsumsi Sayuran
Beberapa sayuran direkomendasikan untuk dikonsumsi agar dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
3. Pola Hidup Sehat
- Kebersihan
Jaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak terlalu banyak kuman yang berkembang, sehingga sumber penyakitpun dapan diminimalkan.
- Olahraga
Lakukan olahraga ringan seperti senam, jogging, dan lain sebagainya secara rutin untuk menambah kebugaran dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi pembaca, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Tingkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar