Kamis, 27 Juni 2013

Semangat bagi Pemula Fitness

Setelah kita membahas masalah tubuh yang ideal dari sisi tinggi badan, sekarang kita akan membahas tentang cara fitness bagi pemula. Memiliki tubuh yang ideal adalah salah satu ideman semua orang. Tak ada perbedaan antara pria maupun wanita dalam permasalahan tubuh ideal. Ada beberapa cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Selain menjaga pola makan, perlu menjalankan pola latihan yang tepat pula, seperti latihan beban.


Latihan beban adalah latihan paling efektif untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Karena latihan beban ini berguna untuk membentuk otot, meningkatkan kemampuan otot dan meningkatkan kualitas metabilisme. Saat ini latihan beban telah menjadi trend dan banyak disukai berbagai kalangan karena mudah dilakukan. Namun latihan beban tidak hanya sekedar latihan beban. Ada juga beberapa aturan atau ilmu ketika masih pemula. Karena latihan ini sensitif dalam pembentukan otot. Jadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memulai latihan beban ini, diantaranya :

  • Pelajari Teknik yang Tepat
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, latihan ini tidak dapat dilakukan sembarangan. Jadi latihan ini memerlukan penguasaan teknik yang baik agar mendapatkan hasil terbaik dari latihan yang telah dilakukan. Selain itu jika kita berlatih dengan teknik yang tepat akan menghindarkan kita dari cidera. Jika kita masih sangat awam dengan latihan beban dan takut cidera maka meminta bantuan trainer adalah opsi yang paling tepat.
  • Mulai dengan beban yang ringan
Setelah mempelajari teknik yang tepat maka kita mulai latihan ini. Kita mulai latihan ini dengan latihan yang paling ringan terlebih dahulu. Sehingga tubuh kita dapat latihan secara bertahap dan mengurani rawan cidera.
  • Program Latihan
Program latihan ini maksudnya adalah jadwal latihan. Jika kita dapat mengatur program latihan yang baik dan tepat kita akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Program latihan yang baik itu misalnya kita atur jadwal perhari, senin untuk latihan dada, selasa untuk otot tangan dan seterusnya. Serta sempatkan untuk beristirahat dalam seminggunya. Karena biasanya kita terlalu semangat ketika memulai latihan ini. Lakukan latihan ini dengan santai dan menyenangkan.
  • Komitmen dan mulailah mengatur pola makan
Komitmen dalam rutinitas latihan sangat diperlukan. Karena biasanya semangat pemula hanya bertahan beberapa minggu bahkan beberapa hari. Jadi tubuh yang ideal tidak bisa didapatkan sesuai dengan yang diinginkan. Selain menjaga komitmen, disisi lain kini harus memperhatikan pola makan yang baik. Pengaturan pola makan dan disesuaikan dengan porsi dan jadwal latihan dapat membantu mendapatkan hasil lebih maksimal.

Ada beberapa latihan yang direkomendasikan untuk latihan beban ini, diantaranya :
  1. Bench Press
  2. Incline Bench Press
  3. Decline Bench Press
  4. Cabel Crossover
  5. Peck Deck
  6. Dumbell Pullover
Persiapan sebelum mulai fitness

Nah, sekarang siapkan diri anda untuk memulai latihan dan mendapatkan bentuk tubbuh yang ideal. Gunakan tips-tips diatas untuk menghindari cidera dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar